Senin, 03 November 2008

mau gimana aku dalam jangka dekat ini?


Lamas sudah tidak menulis.. hal ini tentu saja tidak luput dari perasaan ada yang kurang dalam hidup ini, mungkin bagi beberapa muslim serasa sehari tanpa dhuha atau serasa sehari tanpa tilawah quran.. menulis memang merupakan kegiatan menyenangkan.. hehe.. samapi saya pernah mendengar pernyataan “Writing is a struggle against silence.” Carlos Fuentes..
Saya tidak akan menulis tentang pentingnya menulis namun sedikit berbagi cerita mengenai kegiatan saya baru-baru ini.. tanggal 3 November ini merupakan saat yang telah lama kami tunggu-tunggu.. saat yang lama kami tunggu untuk melewati saat-saat meraih sarjana tepatnya.. untuk menjadi sarjana kedokteran minimal kita harus mengikuti kuliah kedokteran dahulu dan lulus semua blok.. kuliah normalnya diselesaikan dalam 7 semester, namun bisa menjadi 8 sampai 9 semester kalau kita ada yang mengulang blok, setelah kuliah kita harus menyusun penelitan atau KTI (karya tulis ilmiah). KTI ini semacam skripsi kalau di jurusan lain. Selain menyusun KTI maka terdapat juga Co-Muda atau untuk system blok dimasukan kedalam blok ECCE III. Mulai senin ini kami mengikuti ECCE III, rencananya aku mengikuti ECCE III 2 minggu di stase penyakit dalam, 1 minggu di stase penyakit anak, 1 minggu di stase obstetric dan gynecologi, dan 1 minggu di stase bedah.. hehe mudah2an gad a masalah amin..
Setelah CO-muda dan KTI selesai maka kami mengikuti KKN (kuliah kerja nyata), rencananya KKN dilakukan pada bulan Januari 2009 dan apabila semua hutang kuliah sudah selesai dan KTI juga beres maka kami bisa mengikuti CO-Ass (kepanjangan dari co assisten). Co Ass ini rata2 dilakukan dalam 2 sampai 3 tahun.. setelah itu kami disumpah deh menjadi dokter, dan 1 tahun magang secara intensif masih dibawah tanggung jawab Unsoed.. walau bagaimanapun masa depan masih misteri…

Tidak ada komentar: