Rabu, 05 November 2008

belajar dari ayam...


Materi ini aku dapet saat menunggu waktu berbuka di kostan, jadi ceritanya aku liat kurma (KUliah RaMAdan).. ayam adalah binatang yang paling disiplin dan peduli terhadapa keluarganya,, intinya seoperti itu..
1. Disiplin
Betapa engga, tiap hari ayam bangun dan berkokok tepat waktu, gak ada yang namuanya libur dulu karena hari kalender merah, gak da yang namanya karena kecapean jadi pagi itu gak berkoko dahulu.. gak pernah terdengar ada ayam terlambat kesiangan,, sementara kita? Apalagi di ramadhan ini, mungkin masuk kuliah jam 7 aja terasa berat karena mungkin sebagian dari kita baru bangun jam 7an.. disamping itu ayam tepat waktu masuk ke kandang sebelum hari gelap.. gak da yang namanya ayam keluyuran malam, tapi kalo kita liat banyak banget kita lihat orang-orang keluyuran malam-malam bersama pasangan yang mungkin belum muhrimnya..
2. Peduli keluarga
Lepas pagi induk ayam berkokok dan membangunkan anak-anak ayam dengan bahasa ayam (kokok.. kokok.. kokok) dan saat hari gelap induk ayam memaksa anak-anak nya untuk masuk kandang.. berbeda seperti sebagaian besar kita, banyak orang tua bangun malam untuk salat namun mereka membiarkan anak2nya tertidur pulas, dalam hal ini dilihat ayat al Quran .. “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya… “ tahha 20..
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…” at tahrim 66

Tidak ada komentar: